Saturday, December 3, 2016

Cara mempercepat loadingnya windows, email atau browser chrome, opera, firefox

Hambatan utama kecepatan loading program atau windows adalah fragmentasi. Yang bikin fragmentasi adalah program yang filenya selalu berubah atau bertambah.

 File windows yang bikin lambat adalah cache preload. Sebaiknya dimatikan saja. Untuk windows XP namanya prefetch. Hapus isi directory C:\WINDOWS\Prefetch. Disable prefetch dari Windows XP untuk mencegah fragmentasi lanjutan. Untuk Windows 7, WIndows 8 dan Windows 10, disable Prefetcher dan SuperFetch.

Yang bikin lambat juga adalah cache atau file data dari anti virus. Untuk bisa melakukan modifikasi, stop anti virus dan exitkan.

 Data email juga bikin lambat, karena file penyimpanan selalu ditambah. Posisi penyimpanan bisa dicari di option maintenance atau account.

 Browser bisa ada dua tempat yang menimbulkan fragmentasi. Yang pertama adalah programnya, terjadi karena auto update. Yang kedua adalah datanya. Program biasa ada di program files (X86 kalau program 32 bit di Windows 7/8/10). Lalu data ada di local setting application kalau di Windows XP, appdata local dan roaming kalau di windows 7/8/10. Coba dicari.

Untuk mempercepat defragmentasi caranya gampang. file di move ke harddisk lain lalu dikembalikan lagi. Cara lain adalah dengan di copy ke directory lain, dihapus aslinya, lalu hasil copyan di move ke tempat asli.

No comments:

Post a Comment